Assalamu’alaikum WR. WB., hai para
bloger pada postingan saya kemarin saya sudah membahas tentang pengertian Game
Theory, jika kalian belum membacanya silahkan klik disini. Sekarang pada
kesempatan kali ini saya akan melanjutkan postingan saya mengenai unsur-unsur
dasar game theory.
Seperti yang kalian ketahui bahwa game
theory adalah bagian dari ilmu pengetahuan yaang berketaitan dengan pembuatan
keputusan pada saat ada dua pihak atau lebih berada dalam kondisi persaingan
atau konflik. Tetapi dalam teori permainan terdapat unsur-unsur dasarnya,
berikut penjelasannya.
Unsur-unsur Dasar Game Theory
Ada beberapa unsur atau konsep dasar
yang sangat penting dalam penyelesaian setiap khasus dengan teori permainan,
yaitu :
- Jumlah Pemain
Permainan diklasifikasikan
menurut jumlah kepentingan atau tujuan yang ada dalam permainan tersebut. Dalam
hal ini perlu dipahami, bahwa pengertian “jumlah pemain” tidak selalu sama
artinya dengan “jumlah Orang” yang terlibat dalam permainan. jumlah pemain
disini berarti jumlah kelompok pemain berdasarkan masing-masing kepentingan
atau tujuannya. Dengan demikian dua orang atau lebih yang mempunyai kepentingan
yang sama dapat diperhitungkan sebagai satu kelompok pemain.
- Ganjaran / Pay-off
Ganjaran / pay-off
adalah hasil akhir yang terjadi pada akhir permainan berkenaan dengan ganjaran
ini, permainan digolongkan menjadi 2 macam kategori, yaitu permainan jumlah-nol
(zero-sum games) dan permainan jumlah-bukan-nol (non-zero-sum games).
permainan jumlah-nol terjadi jika jumlah ganjaran dari seluruh pemain adalah
nol, yaitu dengan memperhitungkan setiap keuntungan sebagai bilangan positif
dan setiap kerugian sebagai bilangan negatif. Selain dari itu adalah permainan
jumlah – bukan-nol. Dalam permainan jumlah-nol setiap kemenangan bagi suatu
pihak pemain merupakan kekalahan bagi pihak pemain lain. letak arti penting
dari perbedaan kedua kategori permainan berdasarkan ganjaran ini adalah bahwa
permainan jumlah-nol adalah suatu sistem yang tertutup. Sedangkan permainan
jumlah-bukan-nol tidak demikian halnya. Hampir semua permainan pada dasarnya
merupakan permainan jumlah-nol. Berbagai situasi dapat dianalisis sebagai
permainan jumlah-nol.
- Strategi Permainan
Strategi permainan dalam
teori permainan adalah suatu siasat atau rencana tertentu dari seorang pemain,
sebagai reaksi atas aksi yang mungkin dilakukan oleh pemain yang menjadi
saingannya. permainan diklasifikasikan menurut jumlah strategi yang tersedia
bagi masing-masing pemain. Jika pemain pertama memiliki m kemungkinan strategi
dan pemain kedua memiliki n kemungkinan strategi, maka permainan tersebut
dinamakan permainan m x n. letak arti penting dari perbedaan jenis permainan
berdasarkan jumlah strategi ini adalah bahwa permainan dibedakan menjadi
permainan berhingga dan permainan tak berhingga. Permainan berhingga terjadi
apabila jumlah terbesar dari strategi yang dimiliki oleh setiap pemain
berhingga atau tertentu, sedangkan permainan tak berhingga terjadi jika
setidak-tidaknya seorang pemain memiliki jumlah strategi yang tak berhingga atau
tidak tertentu.
- Matriks Permainan
Setiap permainan yang
dianalisis dengan teori permainan selalu dapat disajikan dalam bentuk sebuah
matriks permainan. matriks permainan disebut juga matriks ganjaran yaitu sebuah
matriks yang semua unsur berupa ganjaran dari para pemain yang terlibat dalam
permainan tersebut. Baris-barisnya melambangkan strategi –strategi yang
dimiliki pemain pertama, sedangkan kolom-kolomnya melambangkan
strategi-strategi yang dimiliki pemain lain. dengan demikian, permainan
berstrategi mxn dilambangkan dengan matriks permainan m x n . Teori permainan
berasumsi bahwa strategi yang tersedia bagi masing-masing pemain dapat dihitung
dan ganjaran yang berkaitan dengannya dapat dinyatakan dalam unit, meskipun
tidak selalu harus dalam unit moneter. Hal ini penting bagi penyelesaian
permainan, yaitu untuk menentukan pilihan strategi yang akan dijalankan oleh
masing-masing pemain, dengan menganggap bahwa masing masing pemain berusaha
memaksimumkan keuntungannya yang minimum (maksimin) atau meminimumkan
kerugiannya yang maksimum (minimaks). Nilai dari suatu permainan adalah
ganjaran rata-rata / ganjaran yang diharapkan dari sepanjang rangkaian
permainan, dengan menganggap kedua pemain selalu berusaha memainkan strateginya
yang optimum.
- Titik Pelaksana (Saddle Poin)
Titik pelana adalah suatu
unsur didalam matriks permainan yang sekaligus sebagai maksimin baris dan
minimaks kolom. permainan dikatakan bersaing ketat (Strictly determined)
jika matriksnya memiliki titik pelana. Strategi yang optimum bagi masing-masing
pemain adalah strategi pada baris dan kolom yang mengandung titik pelana
tersebut. dalam hal ini baris yang mengandung titik pelana merupakan strategi
optimum bagi pemain pertama, sedangkan kolom yang mengandung titik pelana
merupakan strategi optimum bagi pemain lain. Langkah pertama penyelesaian
sebuah matriks permainan adalah memeriksa ada atau tidaknya titik pelana. Bila
terdapat titik pelana permainan dapat segera dianalisis untuk diselesaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar